Profil

Selamat datang diwebsite resmi Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak. Website ini kami hadirkan untuk memudahkan para siswa, guru, karyawan, dan orangtua siswa untuk mencari informasi seputar pondok pesantren ini.

Berbagai pengumuman penting seputar kegiatan belajar mengajar nantinya akan saya sampaikan melalui website ini agar dapat dengan mudah diakses oleh siswa, guru dan orangtua wali, sehingga pengumuman bisa diterima lebih cepat dan menyeluruh. Selain itu, dengan adanya website ini saya berharap dapat mencegah timbulnya informasi yang simpang siur seputar kegiatan yang ada di pondok pesantren.

Kami yakin website ini akan memberikan kemudahan bagi kita bagi seluruh elemen sekolah untuk memajukan kualitas pendidikan dan mempererat hubungan antara siswa, guru dan orangtua wali di sekolah ini.

 

Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak

Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak adalah pesantren tahfizh yang terletak di Kampung Rawang Air Putih, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau. Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak berada dibawah naungan Yayasan Nurul Furqon Siak yang pimpin oleh Ustadz Abdul Ghofur Saputra S.Pd.I Al-Hafizh bersama dengan tokoh Kampung Rawang Air Putih Siak. Inti aktivitas di Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak adalah pendidikan dan dakwah.

Pondok ini berdiri diatas tanah wakaf salah satu warga Kampung Rawang Air Putih yang didirikan pada tahun 2018. Cikal bakal Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak adalah bangunan asrama kecil yang dihuni oleh santri putra. Bangunan ini dibuat sederhana dari papan tanpa cat, menggunakan lantai dengan cor semen dan atap yang sebagian seng dan daun rumbia .

Lokasi pondok pesantren tidak jauh dari Sungai Pontianak, salah satu sungai yang menjadi batas antara Kampung Rawang Air Putih dan Kampung Rempak khususnya Sungai Betung. Pondok Pesantren ini didirikan dengan semangat gotong royong antara masyarakat Kampung Rawang Air Putih dan Sungai Betung. Tidak lupa juga pondok pesantren ini semakin maju berkat pertolongan Allah melalui tangan-tangan dermawan yang menyumbangkan rupiah.

 

Legalitas Hukum Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak

Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak berdiri dibawah naungan Yayasan Nurul Furqon Siak. Tertuang dalam akta notaris. Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak juga sudah memiliki Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP) yang dikeluarkan oleh Departemen Agama Kabupaten Siak.

 

Lembaga Pendidikan di Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak

Didalam Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak ini juga terdapat sekolah menengah pertama yaitu SMP Tahfizh Nurul Furqon Siak yang sudah memiliki banyak prestasi dan sudah banyak mengikuti lomba tilawah Al-Quran dan tahfizh Al-Quran. SMP Tahfizh Nurul Furqon Siak salah satu sekolah yang memiliki program Tahfizh Khusus di Siak.

Setiap tahun Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak memiliki agenda rutin pelaksanaan acara Khitanan Massal Gratis yang bisa diikuti oleh warga disekitar pondok pesantren. Acara ini diselenggarakan untuk memeriahkan acara Hari Lahir (HARLAH) Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak.

 

Liputan Media di Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak

Kemajuan Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon tidak lepas dari peran media online dan media cetak yang ikut membantu mempublikasikan kegiatan yang diselenggarakan di pondok pesantren. Media yang pernah mempublikasi Pondok Pesantren Tahfizh Nurul Furqon Siak diantaranya Riau Pos, Goriau.com, Cakaplah.com, Riaumandiri.id, Liputanoke.com, Fullriau.com, Inforiau.id dan masih banyak lagi.

 

Hits: 131